-->

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog

Sebagaimana topik yang akan dibahas pada postingan kali ini, maka terlebih dahulu sobat haruslah mengenal blog lebih dekat dan lebih terasa bersahabat dengan sobat. Pertanyaannya apa itu sebuah blog? Blog adalah singkatan dari website log atau weblog, yaitu suatu bentuk website yang berisi tulisan-tulisan yang ditambahkan secara berkala dan berkesinambungan yang memuat ide-ide pemikiran, pendapat, pengalaman, kisah petualangan, dan sebagainya. Tulisan tersebut sering disebut sebagai posting, entry, ataupun artikel. Nah setelah sobat tahu tentang pengertian blog, selanjutnya sobat harus mengenal juga fungsi mengapa sobat membutuhkan sebuah blog. Lantas, apa fungsi dari blog itu sendiri? Blog memiliki beragam fungsi yang bisa memberikan keuntungan bagi pihak-pihak terkait, baik pemilik, penulis, maupun pengunjung blog. Blog juga dapat digunakan sebagai sarana untuk membuat sebuah jurnal atau catatan harian yang bersifat pribadi, sebagai media publikasi yang berhubungan dengan kepentingan ekonomi, politik, sosial, budaya, dan sebagainya. Dari berbagai fungsi yang ada, sobat bisa memilih akan menulis atau mempublikasikan apa di dalam blog sobat, tentunya hal ini bisa membawa manfaat bagi diri sobat pribadi maupun untuk khalayak ramai.
Ketika sobat telah memiliki sebuah blog, maka blog tersebut bisa juga dijadikan sebuah sarana untuk mencari dollar dengan kata lain ialah media untuk menghasilkan uang. Untuk dapat menghasilkan uang dari sebuah blog, tentu tidak semudah yang sobat bayangkan. Sobat harus memiliki sebuah prinsip yang kuat dalam membangun blog sobat. Prinsip tersebut bisa sebuah dorongan atau motivasi misalnya dalam sehari sobat harus bisa mempublikasikan minimal satu artikel yang akan diposting atau lebih. Artinya apa, blog yang akan sobat bangun tersebut menjadi bagian yang tidak boleh terlewatkan dari aktivitas hidup sobat sehari-hari. Buatlah blog itu sebagai sarana penting dalam kehidupan sobat dan sebagainya.
Ketika blog yang sobat kembangkan sudah memiliki minimal 40 postingan dengan tayangan rata-rata 400 sampai 500 tayangan bahkan telah menempati halaman depan pada mesin pencari, biasanya blog sobat akan cepat diterima menjadi sebuah media bagi para pengiklan untuk menempatkan iklan produknya di blog sobat. Jadi ceritanya adalah sobat menghasilkan uang dari blog melalui iklan-iklan produk yang ditempatkan di dalam blog sobat.
Penulis akan bercerita sedikit mengenai pengalaman membangun blog Kopi Gayo ini hingga bisa menjadi mitra dari penyedia iklan di Google yaitu Adsense. Sebelum blog Kopi Gayo ini ada, dahulunya sudah ada beberapa blog pendahulu blog ini, namun semuanya itu ditolak oleh Adsense. Lalu penulis mencari artikel-artikel terkait mengenai kenapa sebuah blog tidak diterima oleh Adsense, dan ternyata penulis mendapatkan beberapa jawaban yang masuk akal seperti umur blog masih terlalu dini atau kurang dari setahun, belum memiliki jumlah postingan yang memadai, kata di dalam satu postingan kurang dari 600 kata, gambar terlalu mendominasi dalam artikel, sistem navigasi menu tidak tertata rapi, kurang memanfaatkan menu-menu yang tersedia di dalam blog, jadwal mempublikasikan postingan tidak konsekuen dan periodik, memilih tema yang tidak support dengan kebijakan adsense dan sebagainya. Oleh karena beberapa alasan tersebut, maka penulis belajar bagaimana caranya agar tidak gagal lagi, oleh karena itu maka penulis termotivasi untuk membangun blog ini dengan belajar dari pengalaman dan kegagalan di masa lalu melalui blog yang telah dibangun dahulu.
Dari pengalaman tersebut maka di bawah ini akan penulis bagikan beberapa tips agar blog sobat diterima oleh adsense, yaitu:
  1. Buatlah blog yang unik dan menarik. Unik disini berarti blog sobat harus berbeda dengan blog kebanyakan orang dan menarik disini maksudnya ialah menarik dalam menyampaikan informasi, pemilihan tema yang sangat disukai banyak orang dan sebagainya.
  2. Tetapkan Judul blog yang banyak dicari orang, misalnya tentang kesehatan, kuliner, pariwisata, dan sebagainya.
  3. Belajarlah tentang SEO (Search Engine Optimization). Cara termudah untuk belajar seo ialah dengan memakai search engine google. Sebagai contoh, sobat ketik kata "kesehatan" pada search engine google lalu lihat berapa juta orang yang pernah mencari kata tersebut. Jika berjumlah ratusan ribu bahkan jutaan, maka boleh jadi sobat menjadikan itu satu-satunya materi yang akan sobat publikasikan dalam semua postingan blog sobat.
  4. Kata dalam satu postingan usahakan minimal berjumlah 600 kata. Sebaiknya dalam pemilihan kata juga menghindari memakai kata-kata yang tidak senonoh.
  5. Buatlah postingan yang original, hindari copy paste artikel orang.
  6. Jumlah pengunjung harus banyak, cara termudah agar mendapatkan pengunjung ialah mengenalkan blog sobat melalui media sosial.
  7. Buatlah sistem navigasi blog yang baik dan sederhana.
  8. Usahakan setiap hari minimal satu postingan untuk dipublikasikan.
  9. Baca dan pahami kebijakan yang dikeluarkan oleh goggle adsense.
  10. buatlah artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak.
  11. Pilihlah desain blog yang membuat pengunjung nyaman dengan blog sobat. 
Jadi, begitulah tips dan trik yang dapat penulis bagikan untuk sobat KG semua. Jika ada pertanyaan seputar blog dan Adsense, mari kita saling bertukar pendapat mengenai hal tersebut di kolom komentar.