Sejarah
merupakan “ratu” atau “ibu” dari ilmu-ilmu sosial. Hal itu karena ilmu
sejarah lebih dulu lahir daripada ilmu-ilmu sosial dan humaniora
lainnya. Secara istilah sejarah atau history (Inggris) merupakan paduan
kata yang diserap dari daerah Yunani. History berasal dari kata benda
istoria, yang berarti ilmu. Menurut definisi yang paling umum saat ini,
kata history berarti masa lampau manusia (Gottschalk, 2008:33). Menurut
March Bloch sejarah merupakan ilmu tentang manusia yang hidup di
lingkungan waktu (Kochhar, 2008: 2). Sedangkan Sidi Gazalba (1981:13)
mendefinisikan sejarah sebagai gambaran masa lalu manusia sebagai mahluk
sosial yang disusun secara ilmiah meliputi urutan fakta masa lalu
dengan menafsirkan dan memberi pengertian tetang masa lalu.
Mulanya ilmu sejarah bergerak di bidangnya sendiri, yaitu humaniora kemudian seiring berkembangnya ilmu sosial, sejarah ikut berkembang. Pengaruh ilmu-ilmu sosial terhadap sejarah sangat besar artinya. Tanpa ilmu sosial sejarah hanyar bergerak scara konvensional sehingga karya sejarah baru tidak memiliki wawasan permasalahan luas. Artinya sejarah tidak mampu memberi penjelasan secara menyeluruh. Terkait dengan berkembangnya ilmu sejarah maka lahirlah aliran-aliran sejarah baru. Maka perlu dilakukan kategori jenis sejarah agar muda diidentifikasi dimana Pranoto membaginya menjadi 22 jenis, dua diantaranya adalah sejarah nasional dan sejarah daerah (Pranoto, 2010: 67).
Mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembentukan watak dan kepribadian bagi generasi emas. Mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan mata pelajaran wajib di jenjang pendidikan menengah (SMA/MA dan SMK/MAK). Sejarah diartikan secara sederhana sebagai ilmu tentang asal usul dan perkembangan peristiwa yang telah terjadi. Menurut Taufik Abdullah sejarah dapat dilihat dalam beberapa sisi, yaitu sejarah dapat digunakan sebagai nasehat misalnya dengan mengutip kata-kata Sukarno “jangan sekali-sekali melupakan sejarah” ini berarti sejarah adalah sebuah kearifan yang dapat membimbing kita dalam mengarungi hidup saat ini dan merintis hari depan. Dalam bidang filsafat, Hegel mengatakan bahwa “sejarah adalah proses ke arah cita kemanusiaan yang tertinggi”.
Mulanya ilmu sejarah bergerak di bidangnya sendiri, yaitu humaniora kemudian seiring berkembangnya ilmu sosial, sejarah ikut berkembang. Pengaruh ilmu-ilmu sosial terhadap sejarah sangat besar artinya. Tanpa ilmu sosial sejarah hanyar bergerak scara konvensional sehingga karya sejarah baru tidak memiliki wawasan permasalahan luas. Artinya sejarah tidak mampu memberi penjelasan secara menyeluruh. Terkait dengan berkembangnya ilmu sejarah maka lahirlah aliran-aliran sejarah baru. Maka perlu dilakukan kategori jenis sejarah agar muda diidentifikasi dimana Pranoto membaginya menjadi 22 jenis, dua diantaranya adalah sejarah nasional dan sejarah daerah (Pranoto, 2010: 67).
Mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembentukan watak dan kepribadian bagi generasi emas. Mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan mata pelajaran wajib di jenjang pendidikan menengah (SMA/MA dan SMK/MAK). Sejarah diartikan secara sederhana sebagai ilmu tentang asal usul dan perkembangan peristiwa yang telah terjadi. Menurut Taufik Abdullah sejarah dapat dilihat dalam beberapa sisi, yaitu sejarah dapat digunakan sebagai nasehat misalnya dengan mengutip kata-kata Sukarno “jangan sekali-sekali melupakan sejarah” ini berarti sejarah adalah sebuah kearifan yang dapat membimbing kita dalam mengarungi hidup saat ini dan merintis hari depan. Dalam bidang filsafat, Hegel mengatakan bahwa “sejarah adalah proses ke arah cita kemanusiaan yang tertinggi”.
Demi
kelancaran proses belajar mengajar di semua sekolah di Indonesia, maka
saya berterimakasih kepada Allah S.W.T karena diberi kesempatan untuk
membagikan RPP dengan format dan model terbaru sesuai dengan Perpres
Nomor 87 Tahun 2017 khusus untuk kelas X SMA pada semester ganjil,
silahkan di download
Rencana pelaksanaan pembelajaran :
- Berpikir Sejarah Secara Diakronis Download
- Konsep berpikir sinkronis dalam sejarah Download
- Konsep Ruang dan Waktu dalam sejarah Download
- Konsep Perubahan Download
- Konsep Perubahan dan Keberlanjutan Download
- Teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia Download
- Corak kehidupan manusia pra aksara Download
- Sistem Kepercayaan Pada Zaman Pra Aksara Download
- Kehidupan sosial dan ekonomi manusia pra aksara Download
- Hasil kebudayaan manusia pra aksara Download
- Proto Melayu Download
- Deutro Melayu Download
- Melanesoid Download
- Negrito dan Weddid Download
- Hasil Kebudayaan nenek moyang bangsa Indonesia Download
Adapun video pembelajaran yang dapat digunakan bisa di download pada link di bawah ini :
- Berpikir sejarah secara diakronis, sinkronis, Ruang dan Waktu dalam sejarah Download
- Konsep Perubahan dan Keberlanjutan Download
- Teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia Download
- Corak kehidupan manusia pra aksara Download
- Hasil kebudayaan manusia pra aksaraDownload
- proses persebaran ras negrito dan weddid di Indonesia Download
Power point juga penting dalam proses belajar mengajar, silahkan download juga pak/bu guru :
- Sejarah Sebagai Kisah Download
- Konsep ruang dan waktu dalam sejarah (peminatan) Download
- Proses persebaran manusia ras negrito dan weddid Download
- Manusia purba masa berburu dan meramu Download
- Ras melanosoid di Indonesia Download
- Corak kehidupan manusia purba Download
- Berpikir diakronik dalam sejarah Download
- Kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan Download
- Hasil kebudayaan zaman praaksara Download
- Pola hunian manusia praaksara Download
- Konsep ruang dan waktu dalam sejarah (peminatan) Download
- Perubahan dan keberlanjutan (peminatan) Download
- Konsep ruang dan waktu Download
- Proto melayu Download
- Sistem kepercayaan manusia praaksara Download
- Fungsi sejarah Download
- Teori masuknya masyarakat praaksara ke Indonesia Download