-->

Asal Usul Nama Donquito Doflamingo Diambil dari Novel Ini

Bagi para fans One Piece pasti sangat kenal dengan tokoh antagonis yang satu ini, salah satu mantan anggota Shichibukai dan satu-satunya bajak laut yang berdarah Tenryubito. Ia salah satu pengguna buah setan tipe Paramecia yang sampai saat ini terlihat mampu meningkatkan kekuatan buah setan tipe paramecia hingga level Awakening. Namun tahukah sobat asal usul nama yang ia punya berasal dari mana? mari simak penjelasan berikut:
Kata "Donxiote" sendiri berasal dari salah satu novel termasyur pada masanya di Spanyol karangan novelis Miguel de Cervantes berjudul "El Ingenioso Hidalgo Don Quixote de la Mancha" yang diterbitkan dua jilid yang berbeda, jilid pertama pada tahun 1605 dan jilid berikutnya tahun 1915.  El Ingenioso Hidalgo de la Mancha sendiri jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu Sang Bangsawan Cerdik Don Quiote Dari Mancha. Novel yang ditulis oleh Carventes ini bisa dikatakan merupakan novel modern pertama di dunia dan paling the best di dunia. Hal ini dibuktikan dengan peringkat yang diberikan oleh Booklubben Word Lybrary yang menempatkan novel ini pada peringkat pertama dari 100 novel terlaris pada masanya.
Booklubben world Lybrary adalah komunitas yang mengumpulkan serangkaian buku klasik yang kebanyakan berbentuk novel yang berdiri di Norwegia pada tahun 2002. Komunitas ini memilih seratus buku terbaik yang didasarkan pada usulan seratus penulis terbaik yang berasal dari 54 negara berbeda dimana visinya ialah mencerminkan dunia sastra dunia, dengan buku dari semua negara pada budaya dan periode tertentu.
Sosok Donquiote sendiri pada novel digambarkan memiliki jiwa kepahlawanan yang tinggi, berjiwa luhur, namun berwatak gila. Ia digambarkan sering bertindak lucu dan bahkan gila. Kata Qioute sendiri jika diterjemahkan memiliki arti keruwetan dungu dalam upaya mengejar cita-cita; khususnya yang ditandai dengan gagasan-gagasan romantik adiluhung tetapi ngawur dan tindakan kekesatriaan yang berlebihan.
Ucapan salut ditambah acungan jempol lah buat pengarang One Piece, Eichiro Oda. Hampir semua tokoh yang digambarkan dalam anime ini berasal dari literatur yang benar adanya, nama tokoh sendiri tidak serta merta dibuat dan dikarang semata. Kemungkinan sifat-sifat Donquito Doflamingo yang ada di dunia One Piece memiliki kemiripan dengan watak yang tergambar di novel si Cervantis.