-->

Ternyata Hal Ini Yang Membuat Proses Monetisasi Youtube Belum Juga Selesai

Banyak dari Youtuber yang sudah kesal dan galau dikarenakan proses monetisasi yang begitu lama padahal semua persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap channel youtube untuk dapat tergabung menjadi partnernya dimana harus 1000 subscriber dan 4000 jam tayang sudah terpenuhi, dan  juga ketika para youtuber yang telah memenuhi syarat tersebut, masih juga harus menunggu proses selanjutnya yaitu di aprove oleh pihak youtube. Ada juga yang sudah memenuhi persyaratan dari jauh-jauh hari dari bulan Januari lalu, namun sampai saat ini belum juga ada keterangan terkait hal ini. Sedikit cemas ketika melihat keterlambatan ini. Lalu timbul satu pertanyaan yang di benak kita masing-masing yaitu kapan sih proses peninjauan monetisasi benar-benar diselesaikan oleh pihak youtube sendiri?
Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa terjawab ketika kita melihat youtube help forum dimana pihak youtube sendiri ternyata telah mengeluarkan suatu kebijakan baru dimana bisa dijelaskan sebagai berikut:
  1. Dalam melakukan peninjauan, ternyata cara yang diterapkan sekarang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana proses peninjauan memakai sistem manual. Dalam usaha meninjau akun youtube yang akan menjadi partner nya, pihak youtube sendiri akan meninjau secara hati-hati setiap channel youtube yang akan menjadi partnernya dengan cara melihat bagaimana kepatuhan para partner youtube itu sendiri selama ini, apakah channel yang ia miliki pernah melanggar kebijakan komunitas atau tidak, dan sebagainya.
  2. Dalam melakukan peninjauan secara manual ini ternyata pihak youtube telah mengangkat karyawan khusus berjumlah 10.000 orang untuk meninjau semua channel youtube yang akan menjadi partner nya. Hal inilah yang membuat kita menunggu sangat lama, bayangkan saya dengan 10.000 orang, lalu setiap orang mendapatkan minimal 10 akun yang ditinjau dalam sehari maka dalam sehari akun youtube yang ditinjau berjumlah 100.000 akun. Belum lagi email yang harus dikirimkan secara manual juga ke setiap para pemilik akun youtube, maka hal ini memang memakan waktu yang cukup lama bagi pihak youtube.
  3. Pihak youtube sebelumnya berjanji akan menyelesaikan semua masalah peninjauan ini pada akhir bulan April, namun sampai saat ini belum juga selesai seluruhnya dan melalui youtube help forum, didapati jawaban terkait hal ini yaitu pihak youtube meminta waktu tambahan terkait peninjauan proses monetisasi dimana semua masalah terkait monetisasi akan diselesaikan pada bulan Juni.Artinya diundur lagi ni sob!
  4. Namun jangan terlalu galau sob, sampai saat ini ternyata sudah ada channel telah di aprove dan dinyatakan lulus dan dapat memonetisasi video-video miliknya, tentunya channel yang lulus aprove ini memiliki kriteria dimana ia tidak pernah melanggar kebijakan komunitas youtube yang diantaranya ialah tidak pernah terkena klaim hak cipta, dan sebagainya.
  5. Hal terakhir yang dijelaskan oleh youtube sendiri ialah pihak youtube akan meninjau terlebih dahulu channel yang memiliki jumlah subscriber tertinggi dan jam tayang tertinggi. Maka channel yang jumlah subcriber dan jam tayang minimal akan ditinjau setelah semua nya selesai. Maka dari itu bagi sobat yang merasa ingin cepat channel atau akun youtube nya ditinjau harus lebih giat lagi dalam usaha mencari subcriber dan jam tayang.
Begitulah kira-kira jawaban sementara terkait proses monetisasi youtube yang lama ini. Bersabar dan jangan patah semangat, karena kesabaran biasanya akan membuahkan hasil yang memuaskan pula. terimakasih telah singgah di blog yang sederhana ini. Assalamualaikum