-->

Kenapa Ikan Cupang Makan Telurnya Sendiri

Ikan cupang yang juga dikenal dengan istilah ikan laga adalah ikan yang memiliki jiwa fighter atau petarung. Jiwa fighter ini membuat para peternak ikan cupang pemula sangat kualahan dalam proses pemijahan. Seringkali didapati bahwa setelah ikan cupang kawin dan betinanya mengeluarkan telur, ikan cupang tersebut lantas tidak menyusun telur-telur yang telah dikeluarkan oleh betina cupang, disini malah terlihat adanya praktek kanibalisme yakni memakan telur sendiri.

Ikan cupang koi


Nah, mengapa hal itu bisa terjadi ? Menurut pengalaman pribadi sebagai peternak ikan cupang pemula, ikan cupang memakan telurnya sendiri akibat faktor dari ikan cupang itu sendiri dan faktor dari kita sebagai pemelihara.

1. Faktor ikan cupang (internal)
Ikan cupang yang memakan telurnya sendiri bisa dikategorikan sebagai cupang yang belum siap kawin secara matang, artinya tingkat kedewasaan ikan cupang masih minim walaupun dalam proses penjodohan sudah suka sama suka. Namun faktor umur cupang menentukan tingkat kematangan dan kedewasaan ikan cupang, terlebih untuk yang berjenis kelamin jantan.

Selanjutnya adalah faktor wadah tempat pemijahan, apakah wadah tempat pemijahan terlalu sempit atau terlalu luas. Usahakan untuk wadah sebaiknya gunakan wadah yang ukurannya pas, tidak terlalu sempit dan terlalu lebar. Biasanya untuk peternak pemula bisa menggunakan baskom ataupun soliter yang lumayan besar.

Selanjutnya juga karena ikan kelaparan, pastikan ikan cupang kenyang ketika proses perkawinan. Ketika ikan cupang kekurangan pakan, secara otomatis ia akan memakan telur-telurnya sendiri hingga rasa laparnya hilang.

Jadi jawaban mengapa ikan cupang memakan telurnya sendiri jika dilihat dari faktor ikan cupang cupang itu sendiri ialah pertama karena umur dan tingkat kematangan, kedua akibat wadah yang kurang pas dan memadai untuk proses pemijahan, dan ketiga adalah pakan yang kurang.

2. Faktor pemelihara/manusia (eksternal)
Faktor ini juga sangat mempengaruhi kenapa ikan cupang makan telurnya sendiri. Kita sebagai pemelihara pasti merasa senang ketika ikan cupang berhasil dijodohkan dan melakukan perkawinan. Pertama kali saya berhasil menjodohkan ikan cupang peliharaan saya, sekitar setengah jam lebih saya terus memperhatikan proses ikan cupang kawin hingga ikan cupang terlihat sedang menyusun telur-telurnya. 

Setelah beberapa jam kemudian, saya mengira di dalam gelembung yang dibuat cupang jantan akan terdapat banyak telur, ternyata gelembung tersebut kosong dan ketika saya memperhatikan dengan seksama, telur-telur yang sudah dikeluarkan oleh cupang betina dimakan oleh cupang jantan dan cupang betina sendiri. Setelah itu mereka kawin lagi dan telur-telur yang dikeluarkan oleh si betina dimakan lagi. Kemungkinan kedua ikan tersebut stress dan memakan telur-telurnya.

Nah jadi begitulah kira-kira penjelasan mengapa ikan cupang bisa memakan telur-telurnya sendiri. Jangan lupa tinggalkan komentar ya agar kita bisa saling berbagi ilmu dan wawasan. Terimakasih banyak telah mengunjungi blog yang sederhana ini.