-->

Download Perangkat pembelajaran Sejarah Indonesia K13 Kelas X Gratis

Pada masa pandemi Corona Virus 2019, dikeluarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa sekolah yang berada pada wilayah zona merah mengadakan kegiatan belajar di rumah. Kegiatan tersebut dikenal dengan nama Belajar dari rumah disingkat BDR yang dinilai mampu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 sekaligus dianggap bahwa sekolah merupakan tempat yang bisa menjadi tersebarnya Covid 19. Oleh karena pembelajaran dengan sistem Online atau Daring sangat disarankan untuk dilaksanakan.


Untuk wilayah dengan zona hijau bisa melaksanakan pembelajaran dengan tatap muka seperti biasa. Namun harus dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan dimana wajib memakai masker atau face Shield atau keduanya, mencuci tangan sejak berada di lingkungan sekolah dan ketika berada di lingkungan sekolah, serta tetap menjaga jarak baik siswa dengan siswa, guru dengan siswa, maupun guru itu sendiri.

 

Dalam hal perangkat pembelajaran sendiri, ada revisi yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dimana untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk lebih memudahkan guru, disarankan untuk dibuat satu lembar saja. Dalam RPP satu lembar tersebut memuat Identitas Sekolah, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Model Pembelajaran, Langkah-langkah Pembelajaran, dan Evaluasi Pembelajaran.


Hal ini dinilai sangat memudahkan guru dalam menyiapkan administrasi sebelum masuk mengajar ke dalam kelas. Banyak perbedaan antara RPP satu lembar dengan RPP dalam format sebelumnya, dimana RPP format sebelumnya lebih lengkap. Menteri Pendidikan memberikan pilihan kepada guru-guru untuk memilih RPP mana yang akan dibuat dan dilaksanakan.


Untuk RPP satu lembar sendiri sudah banyak contoh nya yang beredar di internet. Dalam Blog ini, kami masih menyediakan RPP dalam format lama. Kuy, langsung Download saja link di bawah ini

Penetapan IPK Semester Ganjil

Penetapan IPK Semester Genap

Analisis Keterkaitan KI, KD, IPK, dan Materi Pembelajaran Semester Ganjil

Analisis Keterkaitan KI, KD, IPK dan Materi Semester Genap

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Program Tahunan

Program Semester Ganjil

Program Semester Genap

Rincian Minggu Efektik dan Tidak efektif

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Silabus Ganjil

Silabus Genap

RPP KD 3.1

RPP KD 3.2

RPP KD 3.3

RPP KD 3.3 (2)

RPP KD 3.4

RPP KD 3.5

RPP KD 3.6

RPP KD 3.7

RPP KD 3.8


Jika ada link download atau unduhan yang error harap dilaporkan dengan cara menulisnya di kolom komentar agar bisa diperbaiki, terimakasih...