-->

Wawasan Kebangsaan, Salah Satu Pembelajaran Yang Juga Sering Diuji Saat Tes CPNS

Apa itu wawasan kebangsaan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kita mengetahui arti di balik kata wawasan dan kata kebangsaan. Wawasan sendiri dapat berarti pandangan, cara pandang, ataupun kumpulan pengetahuan. Sedangkan kata kebangsaan merujuk kepada keadaan sebuah negara, dilihat dari banyak sudut pandang, baik wilayah, pemerintah, maupun masyarakat.

Secara garis besar, wawasan kebangsaan berarti cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri yang serba beragam dan lingkungannya yang selalu berubah, yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, namun tetap mengutamakan keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia demi tujuan nasional.

Patut untuk kita ketahui bersama bahwa negara kita adalah negara yang besar dan luas, memiliki 15.458 pulau, ada pulau yang luas dan pulau yang kecil terpisah oleh lautan, 1.128 suku serta 746 jumlah bahasa. Dengan keadaan tersebut, maka negara kita bisa dikatakan sebagai negara yang kaya. Pulau-pulau di Indonesia sendiri juga mengandung banyak sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, bijih besi, emas, dan sebagainya. Kekayaan tersebut perlu untuk disyukuri dan kita semua sebagai warga negara yang baik sudah barang tentu memiliki kewajiban untuk dapat mengolah, memasarkan, sekaligus menjaganya agar tidak ada lagi intervensi negara luar yang ingin mengambil untung sebesar-besarnya untuk mengenyangkan perut sendiri dan negara asalnya.

Laut Indonesia juga kaya akan hasil alam seperti ikan, kerang-kerangan, terumbu karang yang masih asri walau ada juga yang rusak akibat ulah jahil manusia bertangan kotor dan tak punya tanggung jawab dalam menjaga anugerah yang telah diberikan oleh sang pencipta alam. Perusak tersebut ada yang berasal dari dalam negeri kita sendiri ada juga yang berasal dari luar negeri kita sendiri. Tentu hal ini sangat merugikan bangsa Indonesia secara nasional.

Keberadaan suku  yang berjumlah 1.128 menambah kekayaan bangsa kita, hal ini justru dapat dijadikan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita selalu rakyak NKRI dimana dengan jumlah yang seperti itu, membuat kita sadar bahwa semua suku yang ada di Indonesia memiliki kebudayaan yang berbeda-beda pula. Sebagai warga negara yang baik, maka kewajiban kita menjaga kebhinekaan yang telah dilahirkan oleh para pahlawan bangsa harus dijunjung tinggi dan diamalkan demi terciptanya Indonesia yang damai yang bebas dari isu SARA.

Nah, pernyataan di atas dapat dijadikan sedikit penambah wawasan kita semua mengenai wawasan kebangsaan. Dan biasanya di setiap Tes CPNS, hal-hal tersebut selalu dipertanyakan.

Wawasan kebangsaan juga sangat luas cakupannya, 4 pilar kebangsaan yang berisi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI harga mati juga merupakan bagian dari wawasan kebangsaan. Nah, ketika kita sudah paham mengenai wawasan kebangsaan, maka seperti pengalaman tes CPNS 2018 lalu, bukan teori yang dipertanyakan melainkan bagaimana implementasi wawasan kebangsaan tersebut kita analisis dan dicari jawaban yang benar. Sebagai contoh soal, sebagai warga negara yang baik, menghormati umat beragama lain sangat dianjurkan demi tercapainya keharmonisan diantara umat beragama. Contoh implementasi kejadian tersebut berakar pada... (Jawab: Pancasila yakni sila 1).

Semua soal TWK (tes wawasan kebangsaan) akan dengan mudah terjawab jika kita memiliki pengetahuan yang luas mengenai bangsa Indonesia. Sekian dulu dari penulis, jika ada hal yang ingin ditanyakan, disarankan untuk menanyakannya di kolom komentar.