-->

5 Tema Tulisan Blog Menarik

Tema yang akan dijadikan informasi dalam tulisan blog juga mempengaruhi datangnya pengunjung. Di Indonesia sendiri ada berbagai tema yang dapat dijadikan bahan tulisan di dalam blog sesuai target usia pembaca. Agar blog mudah untuk dibangun, kita harus menentukan target usia pembaca blog.

Dari pengalaman, pembaca blog di Indonesia yang usia nya masih tergolong remaja, pasti memilih lima tema berikut:
1. Anime dan manga
2. Seputar game online
3. Gadget/handphone/Ext
4. Artikel-artikel pelajaran
5. Musik


Kelima tema diatas merupakan tema-tema yang sering di serching oleh pembaca di usia remaja. Anime dan manga paling berpeluang besar dalam membangun blog jika blog dibangun khusus untuk usia remaja.

Banyak website dan blog penyedia manga dan anime yang saat ini memiliki pendapatan adsense yang diluar dugaan. Hal ini disebabkan karena sebelum membangun blog atau website tersebut, mereka sudah paham betul karakteristik dan target pembaca blog dan website mereka. 

Sedangkan 5 tema untuk usia dewasa menurut penulis ialah:
1. Gosip selebritis
2. Berita terupdate
3. Kuliner
4. Fashion
5. Otomotif

Diantara kelima tema diatas, salah satu tema yang sangat ringan dijadikan bahan tulisan di dalam blog dan website ialah masalah gosip. Hal ini mungkin mengundang banyak opini ketika menulis artikel. Namun, jika kita melihat riwayat pencarian di handphone emak-emak, maka seluruh kolom pencarian dipenuhi dengan gosip-gosip menyangkut masalah kehidupan selebriti yang tak jauh dari kata gosip. Emak-emak memegang peranan penting demi kesuksesan blog dan website yang dibangun. Salam...