-->

Usaha "Peras Santan" dan Kisaran Keuntungannya


Memeras daging kelapa menjadi santan dengan menggunakan mesin seperti pada gambar adalah salah satu usaha yang patut untuk dicoba. Satu kelapa yang sudah menjadi santan dihargai Rp. 5000 s.d Rp. 6.000 dengan harga dasar 1 buah kelapa tua antara 3 ribuan hingga 4 ribuan. Jadi, satu kelapa yang diolah hingga siap dijual diperoleh untung seribu hingga dua ribu rupiah. 

Kalikan saja jika perhari minimal 50 buah kelapa laku dan diolah menjadi santan, maka laba kotor yang bisa diperoleh ialah 80 ribu hingga 100 ribu rupiah. 

Hampir setiap wilayah di Indonesia, memiliki kuliner yang berbahan dasar santan dalam pembuatan masakannya. Maka dari itu, tidak perlu kita beranggapan bahwa bisnis santan tidak akan laku di tengah masyarakat.


Berbicara masalah modal awal untuk memulai usaha ini, dari hasil wawancara penulis hanya memerlukan sekitar Rp. 10.000.000, dengan asumsi harga mesin jadi sekitar Rp. 7.500.000 lengkap dengan mesin kukur kelapa. Harga mesin ini mesin yang dijual di Aceh.

Selebihnya dari 10 juta, ada 2,5 juta lagi yang digunakan untuk membeli peralatan pendukung lain seperti kompor gas, elpiji, dan sangku sebagai tempat membuat air panas. Air panas sendiri digunakan agar santan yang dihasilkan lebih banyak dan lebih berkualitas. Pembelian peralatan tambahan dikisar dengan harga 1 juta rupiah.

Nah, untuk bahan dasar yakni kelapa, kita memiliki sisa modal 1,5 juta rupiah. Kalikan saja harga 1 buah kelapa dengan harga 3.000 rupiah, maka dengan modal 1,5 juta kita mendapatkan 500 buah kelapa.


Dari 1,5 juta rupiah modal untuk membeli kelapa dengan jumlah 500 buah, dijadikan santan dengan harga 5000 rupiah, bisa memperoleh uang sebesar 2,5 juta rupiah. Jadi, Keuntungan bersih yang didapat dari 500 kelapa ialah 1 juta rupiah.

Asumsikan saja, jika sehari kelapa laku sekitar 50 buah, maka sudah mendapatkan untung 200 ribu rupiah. Dalam lima hari saja, kita memperoleh hasil 1 juta rupiah.

Kemungkinan besar, selama dua bulan melakukan usaha ini, maka modal awal yang mula nya 10 juta rupiah, bisa kembali dengan sendiri nya.

Apakah anda tertarik untuk mencoba nya?